CERPEN



DENGARKANLAH AKU
Karya Devvy Meiza Resti

   Pagi itu, alarm jam dikamarku berbunyi tak terasa  ku tunda-tunda sehingga aku bangun kesiangan,
            ‘’teeett….tuututuut..bangun,bangun ,alarm  jamku berbunyi ‘’.
            Setengah tak sadar kulihat jam alarmku
            Ha’aa..OH MY GOD! Jam 7.uhhhh mampus,waaduuhhh……..
            Aku langsung bergegas mandi secepatnya
‘’ganis,ayo berangkat udah jam 7.20 ni,papa udah nungguin dari tadi tuh. Ganis…..!!!
“ya ma!!! Ini udah selesai…
   Ayah mengantarku kesekolah menggunakan motor Suzuki shogun dengan  kecepatan tinggi dan menggunakan gigi motor 4.
   Setelah sampai disekolah aku turun dari motor dan bergegas melepas helm dan berlari kearah gerbang sekolah dengan sekuat tenaga hingga menembus gerbang dan?...
            Gubraak…kertas-kertas berhamburan seperti hujan kertas,
‘’Maaf yach,aku nggak sengaja!”Ternyata aku menabrak seorang lelaki yang sebelumnya belum aku kenal(dalam hati ganis)
Karena  aku tergesa-gesa ,aku langsung  bergegas lari kearah kelasku dengan meninggalkan satu kata maaf ke lelaki tersebut.
   Saat sampai dikelas,oh tragis ternyata pak rhanda yang galak dan sok keren itu sedang menjelaskan pelajaran bahasa arab.perlahan-lahan tapi nggak pasti,aku mengetuk pintu.
            ‘’tok…tok…tok…Assalamualaikum’’
            ‘’Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh”jawab pak rhanda
   Saat aku masuk kekelas menghadap pak rhanda , suasananya berubah menjadi heboh karena semua teman-temanku menertawaiku sambil bertepuk tangan.
            ‘’prok…prok….prok…,whu..whu..whu..orang seginim’’
            Aku hanya bisa tersenyum karena malu
            ‘’ganis,kenapa kamu datang terlambat?tanya pak rhanda
            ‘’Se..se..saya terlambat’’jawabku gugup
            ‘’saya terlambat apa? ‘’bentak pak rhanda.’’
‘’saya terlambat karena nenek saya masuk rumah sakit,jadi saya dan keluarga mengantar nenek kerumah sakit,pak.’’jawabku dengan tegas.
‘’oh,ya sudah,silakan duduk.’’
‘’makasih pak.’’
   huuu….(aku menghela nafas sambil berjalan kearah bangkuku) duch selamat..selamat..untung pak rhanda nggak tahu kalau aku bohong..hehehehe,saat aku duduk dan meletakkan tasku keatas meja,ada suara seperti orang bersiul,
            sit..sit..sit..hus..hus..hus
ada apa mbak? ‘’tanyaku.’’
            gi mana ceritanya kamu bisa terlambat? ‘’tanya mbak endah.’’
            duch mbak ceritanya panjaaannnggg,istirahat nanti aku certain dech? ’’jawabku.’’
            hmm okelah kalau begono. ‘’jawab endah.’’
   Aku mengeluarkan buku dan mulai belajar,ya walaupun nggak paham-paham amat,amat aja nggak paham-paham.Setelah pak rhanda menjelaskan pelajaran,Kami diberi tugas seperti biasa,
            ‘’kerjakan tugas hal 10 latihan 1 no.1 bcd,no.2 bcd.kumpulkan saat jam pelajaran habis.’’
            ‘’ya,pak.’’
   Setelah pak rhanda keluar aku dan endah mengerjakan tugas yang diberikan pak rhanda sambil bercanda gurau,tak lama kemudian
            ‘’teeet..teet..teet’’bel istirahat berbunyi.
Wuy..wuy..wuy..kumpulkan tugas!jam pelajaran sudah habis’’kata andika(ketua kelas sepuluh lima yang ngaku mirip justin bibir)
Yach…belum dika,besok saja dikumpul?
‘’oh tidak bisa,nanti saya dimarahi pak rhanda.’’
Ya,dika.Bentar lagi.
   Setelah mengumpulkan tugas,aku mengajak endah kewarung teteh biasa tempat langganan aku dan endah belanja tapi endah lagi nggak mood. ya sudah aku kewarung teteh sendirian.saat aku berjalan kewarung teteh tiba-tiba…
            Hoy, kamu yang nabrak aku tadikan?’’tanya seseorang dari belakang.’’
            Saat kulihat,duch mampus laki-laki yang aku tabrak tadi marah-marah…uhhh serem.
            He, gara-gara kamu aku nggak jadi ikut lomba nyanyi?’’kata laki-laki tersebut.’’
            La.kok salah aku, salah kamulah.kamu kalau jalan jangan ditengah-tengah donk!
Yach, jelas salah kamulah makanya kalau jalan jangan tergesa-gesa , gara-gara kamu juga kertas-kertasku jadi basah + berhamburan?’’jawab laki-laki itu.’’
Emang seberapa berharganya sih kertas-kertas itu?
Asal kamu tahu kertas itu isinya lirik lagu semua tahu,hiii dasar si pendek jelek!
Ehh, kamu tu si tinggi nyebelin..wek :p.minggir-minggir aku mau lewat.
   Karena bertemu dengan si tinggi nyebelin nafsu makanku jadi hilang seketika.hhmm…lebih baik aku kembali kekelas.
            Ganis,kenapa kamu nggak jadi kewarung teteh?’’tanya mbak endah.’’
Duch mbak,aku ketemu sama si tinggi nyebelin yang aku tabrak tadi pagi.aku kan terlambat datang kesekolah gara-gara bangun kesiangan naahh..saat sampai di gerbang sekolah aku nggak sengaja nabrak si tinggi nyebelin. ‘’jawabku.’’
Si tinggi nyebelin siapa sih?’’tanya endah.’’
Itu tu yang itu yang tinggi,yang cuek itu loh!
Oohh,ezon?
Ezon?emang mbak tau dari mana?
Ezon itu teman kecil aku,
Ough,bilang sama si ezon jangan galak amat donk jadi orang,masa ganteng-ganteng kok galak.
Yee bilang aja sendiri tapi hati-hati loe ntar benci jadi falling in love loe..
Hahahhaha.bisa aja mbak,tapi nggak bakalan mungkin tenang aja.
Hmm liat aja nanti,ku pegang kata-katamu ganis!’’jawab endah.’’
**********
   Keesokan harinya saat sampai digerbang sekolah,si tinggi menyapaku dengan panggilan si pendek jelek didepan orang banyak pula plus dia menyapaku dengan wajah tak bersalah,tapi ku menahan emosiku dan kuhadapi dengan senyuman sebab pak rhanda yang sok keren itu sudah menanti siswa siswinya untuk bersalaman kepadanya.setelah bersalaman dengan pak rhanda,aku langsung menarik tangan si tinggi nyebelin ke gudang sekolah.
Hey,maksud loe manggil aku si pendek jelek itu apa?kamu sengaja mempermalukan aku gitu?’’bentakku.’’
Kalau ia kenapa,kamu mau apa?’’jawab ezon.’’
   Karena emosiku sudah mengebu-gebu entah itu refleks dari tangan  atau aku yang tidak bisa mengontrol emosiku,aku langsung menampar ezon.
            Aduch!’’teriak ezon.”
            Kenapa sakit?’’tanya aku.’’
   Saat ezon ingin balik menamparku tiba-tiba pak rhanda datang dan memanggil kami berdua,karena menurutnya perbuatan kami sudah melanggar peraturan sekolah dan janji siswa, aku dan si tinggi nyebelin(ezon) di beri hukuman  membersihkan wc yang ada dibelakang X4 mana baunya semerbak pula ,huuu sebel euy!ini semua gara-gara si tinggi nyebelin coba kalau dia nggak mancing emosiku pasti nggak bakalan terjadi kayak gini.tapi ya sudah ibarat nasi sudah menjadi bubur dan karena aku merasa bersalah,aku langsung mengambil sapu lidi,super pel,sikat lantai dan air bersih.kemudian aku bergegas membersihkan wc.ya,walaupun si tinggi nyebelin Cuma bisa diam dan nonton doank.setelah selesai membersihkan wc tiba-tiba kepalaku pusing dan…
            Gubraak……
            Setelah itu aku mendengar suara seseorang memangilku.ganis,ganis,ganis bangun?
            Duch ku ada dimana sekarang?loe lok kamu ada disini?’’tanyaku pada si tinggi.’’
Hmmm syukurlah kalau kamu sudah sadarkamu sekarang lagi di UKS,aku mau pergi kekelas karena wc-nya kan sudah bersih,makasih yach.
Hii dasar si tinggi nyebelin,
    Tiba-tiba endah datang .
            YA ALLAH ganis,gi mana ceritanya kamu bisa sampai masuk UKS?
Aku nggak tahu mbak,Tanya aja sama si tinggi nyebelin,
Ya sudah,karena kamu udah sadar,jadi kita pulang kekelas aja.gi mana?
Ya mbak,,,lagian disini bau obat.duch nggak tahan.
**********
   Semenjak kejadian itu aku mulai cuek,apa yang dilakukan ezon padaku disekolah mulai dari ejekan ngomong si pendek jelek sekarang udah nggak masalah.ah,masa bodoh.pokoknya aku benci-benci sama orang yang namanya ezon.pada malam minggu saat aku sedang berkosetrasi membuat cerpen tiba-tiba ada no.pribadi menelpon ke no.hpku saat ku angkat telpon itu,tak ada satu kata pun yang keluar dari no.pribadi itu,suara hening dan tak ada jawaban karena aku kesal,dan kosentrasiku jadi buyar gara-gara si penelpon tak dikenal itu,aku langsung menonaktifkan hpku.
   Malam berikutnya no.pribadi itu kembali menelponku karena aku kesal dengan kejadian malam minggu yang lalu,telpon itu langung aku matikan.tiba-tiba hpku berbunyi ada satu pesan masuk dari no.baru ujungnya 1995 karena penasaran aku langsung membaca sms itu.
            Hai ganis?’’tanya no.baru itu.’’
            Hai juga,maaf ini siapa?’’balasku lewat sms.’’
            Masa nggak ingat,ini aku orang yang paling menyebalkan disekolah,’’jawab dia.’’
Hmmmm aku tahu,orang yang paling menyebalkan dalam hidupku hanya satu.ini pasti no.si tinggi nyebelin?’’jawabku.’’
Yupz,betul sekali.hahahaha masih ingat kamu ternyata yach? Hmmm udah satu bulan nggak berantem,sepi juga?’’tanya dia.’’
Ya begitulah,sepi sih dikit.’’jawabku.’’
Kok dikit,marah yach?’’tanya dia.’’
Yach begitulah.’’
Ganis,sebentar lagi ada lomba nyanyi solo di taman merdeka,hmmm kira-kira kamu mau nggak datang ke acara itu?
Hmmm,insya allah datang.emang ada apa?
Nggak ada sesuatu yang akan membuatmu terkejut,aku harap kmu mau datang yach?
Hmm,insya allah,udah malam aku mau tidur..good night.
**********
   Hari senin tepatnya tanggal 08 maret 2011,saat itu jam istirahat.endah memanggilku,
            Ganis,ganis,ganis? ‘’pangil endah.’’
            Ya,ada apa mbak? ‘’jawabku dengan lembut.’’
Ganis hari minggu-kan ada lomba nyanyi solo ditaman merdeka jam 10.00,kita nonton yuk? ‘’ ajak endah.’’
Hmmm….ya dech.’’jawabku.’’
Nah,kalau gitukan enak.ya udah sampai ketemu hari minggu  …bye.
Bye…..

**********
   Hari minggu tanggal 14 maret jam 9.30,aku siap-siap pergi ke taman merdeka dengan pakaian yang rapi dan lumayan oke,yach walaupun awalnya binggung milih baju tapi akhirnya aku memutuskan pakai celana jeans hitam,baju gaun warna putih,sepatu ceper warna blaster hitam putih + pakai parfum,hand body,bedak dengan rambut digerai.Setelah itu aku bergegas pergi ke taman merdeka mengunakan motor kesayanganku.Saat samapai ditaman merdeka tiba-tiba aku melihat sahabatku sendiri sedang berdua-duaan dengan si tinggi nyebelin,padahal aku bele-belain datang dengan pakaian yang rapi hanya untuk si tinggi nyebelin tapi apa yang aku lihat,aku melihat mereka berdua saling menatap satu sama lain sambil berpegangan tangan tiba-tiba saat ezon ingin memasangkan kalung dileher endah,kalung itu jatuh dan ezon melihatku,dia terkejut,
Ganis,ini semua nggak seperti yang kamu lihat.aku bisa jelasin semua sama kamu’’kata ezon dengan cemas.’
Udalah zon,nggak ada yang perlu dijelasin,selamat yach buat kalian berdua dan terima kasih juga karena kalian berdua sudah ngajak aku datang kesini hanya untuk melihat kalian berdua…’’jawabku.’’
Ganis,ini semua salah paham.ganis dengarkan aku dulu…’’teriak ezon.’’
   Aku langsung berlari sekuat tenaga sambil menghapus air mataku dan aku pulang kerumah mengendarai motor dengan sangat cepat.Sesampai dirumah aku berlari kearah kamar kemudian aku menangis tersedu-sedu dan aku berkata dalam hati ‘’ganis bodoh…bodoh..bodoh..seharunya kamu tau kalau si tinggi nyebelin nggak  bakal pernah suka ama kamu tapi dia sukanya sama endah sahabatmu sendiri,ayo ganis kamu harus bangkit dan relakan dia bersama endah.’’Setelah itu aku menhapus air mataku dan berusaha tersenyum walau hati ini terus menangis.
**********
   Tanggal 15 maret,pagi itu pagi yang cerah, aku melangkah kesekolah dengan senyuman dan mau tak mau aku harus melihat dan bertemu dengan endah dan ezon.Saat aku sampai di gerbang sekolah endah memangilku
Ganis,ganis,ganis,tunggu dulu. Kamu masih marah yach sama aku?aku harap untuk terakhir kalinya kamu memenuhi keinginanku, aku mohon nanti sore jam 15.00 datang ke taman merdeka lagi disana kamu akan mendapatkan semua jawaban atas kejadian kemaren,aku mohon.’’kata endah sambil memohon.’’
Entahlah mbak,,,aku nggak janji kalau aku bakalan datang nanti sore.’’jawabku.’’
Tapi ganis? ‘’tanya endah.’’
Udalah mbak nggak ada tapi-tapian.maaf mbak aku permisi mau kekantor guru.’’jawabku.’’
  Saat pulang sekolah aku berpikir,apakah aku harus datang atau tidak? Tetapi kenapa perasaanku mengatakan bahwa aku harus datang tapi ada baiknya aku mencoba menuruti perasaanku kemudian aku pergi ke taman merdeka.saat sampai ditaman merdeka,tempat itu sepi sekali tak ada seorang pun yang ada disana,saat aku memutuskan untuk pulang tiba-tiba ada seseorang memanggilku dari belakang saat aku menoleh kearah belakang ternyata si tinggi nyebelin,kemudian dia berjalan kearahku.saat aku ingin menghindar darinya dia berlari dengan kuat dan memegang tanganku.
Ganis,aku mohon jangan pergi dulu.kita harus selesaikan masalah kemaren?’’tanya ezon.’’
Udahlah zon,nggak ada yang harus diselesaikan! ‘’jawabku sambil berusaha melepaskan tangannya dari tanganku.’’
Ganis,kemaren itu aku cerita sama endah kalau aku mau nembak cewek tapi karena aku gugup dan nggak tahu caranya,aku minta tolong sama endah dan saat aku mencoba memasangkan kalung  ke leher endah tiba-tiba kamu datang.’’jawab ezon.’’
Ya udah,terserah kamu…kamu mau bilang apa pun aku nggak bakalan dengar.’’jawabku dengan marah.’’
Ganis,aku mohon dengarkanlah aku.cewek yang ingin aku tembak itu adalah kamu!’’jawab ezon.’’
            Ha’a apa? ‘’jawabku dengan ekspresi yang kaget.’’
            Cewek yang ingin aku tembak itu adalah kamu!
   Tiba-tiba ezon nyanyi dihadapanku dengan sangat pede dan velum pernah aku lihat sebelumnya
            Awalnya ku tak tahu…apa yang kurasa saat dekat denganmu
            Awalnya ku tak mengerti…mengapaku slalu membayangkan dirimu
            Kini ku pahami rasa ini dan ku mulai  mencoba tuk dapatkan hatimu
            Untuk itu dengarkanlah aku….
   Setelah nyanyi ezon bertanya kepadaku ‘’ganis,maukah kau menjadi pacarku yang pertama?.saat itu aku binggug tetapi setelah aku pikir-pikir,aku memutuskan untuk menjawab ia.Tak pernah ku bayangkan bahwa akhirnya si pendek jelek menjadi pacar si tinggi nyebelin tepat di tanggal 15 maret jam 15.00. Semenjaki itu  tak pernah terdengar lagi ejekan si tinggi nyebelin dan si pendek jelek,yang ada hanyalah senyuman dan semangat dari kami berdua.

*****TAMAT*****
 
  

           
           


           


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar